Berdirinya Masjid Al - a'raaf di prakarsai oleh Kaum Muslimin saat itu yang sekarang menjadi RW 016, di dukung kurang lebih 50 KK pada saat itu dan oleh Pengembang PT BINA NUSATARA RAYA .

Ide didirikannya Masjid karena sejak Tahun 1998 hingga 2000, kaum Muslimin saat itu melaksanakan Ibadah shalat terutama pada saat  Ramadhan tiba (kalau hujan otomatis bubar,) menggunakan lapangan bulu tangkis di sekitaran RT 04 sekarang. (lapangan di depan Rumah Pa Akhmadi (dulu Pa Nanang) - kavling pa Hanif pa Djarot dan sekitaranya)

Bertambahnya waktu dan bertambah pula Warga, sehingga dimunculkan Ide untuk membangun Masjid. Dengan terbentukan panita yang di aminkan oleh ketua RT saat iyu Bapak Tiyo (belum ada RW) dan beberapa Tokoh seperti Bapak Lilik, Bpk Jumadil Tulus, Bpk Ainul Yaqin, Bapak Zainal (BNR) dan  Bapak Moh. Erfan (maaf kalo belum disebut-lupa) .. sesuai hasil rapat dari tokoh tokoh tersbut disepakati nama Masjid adalah MASJID AL-A;RAAF dan di Ketuai oleh Ustadz Ainul Yaqin.

Pembangunan dimulai  dengan bersamaan - mengkolek dana dari 50 warga tersebut setiap bulannya, walaupun hanya baru 50 KK dengan semangat kebersamaan.. Alhamdulillah dana awal terkumpul.

ada Kendala pada saat itu, Dana yg terkumpul setiap bulannya dari kaum Muslimin, belum mencukupi... dengan Usaha Pa Ketua, kami berhasil mendapatkan dukungan dan usulan untuk menggunakan dan bekerja sama dengan salah satu Ustadz yang berada di Bekasi Timur, beliau yang mengusahakan mendapatkan Bantuan Laur Negri (Timur tengah). 

Kesepakatannya adalah seluruh Pembangunan baik design maupun struktur bangunan semuanya dari beliau.. hanya kami Panitia mensupportnya setiap Pekan untuk memberikan sejumlah Uang Kas untuk dukungan para pekerjanya.

Alhamdulillah bangunan sudah berdiri pada Tahun 2000, hanya baru berbentuk bangunan, tetapi belum ada kubah. Bapak Moh Erfan dan kawan kawan langsung ke Jalan Narogong untuk membeli kubah, dan kami segera memasang di atas puncak bangunan agar terlihat Masjid sebenarnya.  (seperti gambar bangunan Masjid al araaf jadul pada slide pertama di Web ini)

Demikianlah,saudaraku... sejarah berdirinya Masjid Al. Araaf.

Dalam perjalanannya .. Pasang surut Jemaahnya. dan kemudian direnovasi oleh Bpk. Akhmadi Sutanto selaku ketua DKM pada saat itu, Pada Tahun 2005, Masjid Al-A'raaf sudah diperluas dan di renovasi menjadi lantai Satu. (lantai dua belum ada). selanjutnya Pengembang saat ini VIDA, telah membantu memperbaharui dengan membangun Lantai 2.

Alhamdulillah, hingga saat ini Masjid Al-A'raaf terus berbenah,  dan dilakukan renovasi untuk lebih nyamannya ummat ber ibadah.

Ketua DKM saat ini Bpk H. Suwarsa Hidayat, telah berkordinasi dengan Ketua Panitia Renovasi Masjid Bpk. Agus Nurcahyo, untuk lebih meningkatkan perbaikan Bangunan dan pembuatan Migrab serta Pagar Lingkungan Masjid.